6 Kesalahan Umum SEO WordPress Disertai Tips Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

6 Kesalahan Umum SEO WordPress Disertai Tips Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

Platform CMS WordPress memang cukup populer dan sering dipilih oleh sebuah blog atau website bisnis. WordPress dianggap sangat mudah untuk diaplikasikan dan juga bisa membuat tampilan website atau blog menjadi professional.

Yang perlu diketahui, tampilan elegan yang professional tidak selalu dapat memberi dampak positif bagi optimasi website Anda. Optimasi website lebih dipengaruhi oleh kualitas dari sisi SEO (search engine optimization). Jadi, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur website WordPress ini.

Pengaturan yang salah pada website WordPress bahkan bisa membuat Anda kehilangan trafik potensial dari mesin pencari secara terus menerus. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui daftar kesalahan umum SEO WordPress.

Dengan mengetahuinya, Anda bisa mengantisipasi juga mengoptimasi website dengan platform CMS WordPress. Beriktu daftar kesalahan umum SEO WordPress yang wajib Anda ketahui.

1. Tidak Menerapkan Plugins SEO

Platform WordPress memang telah menawarkan struktur yang baik untuk SEO. Meski demikian, penting bagi Anda untuk tetap menambahkan plugin agar optimasi website berjalan maksimal. Plugins SEO yang bisa Anda andalkan di WordPress misalnya All In One SEO Pack dan WP SEO by Yoast.

Plugin ini dapat membantu Anda menambah judul untuk halaman utama, halaman postingan, menentukan focus keyword, dan beberapa keunggulan lainnya. Plugin ini pun juga dapat memperkirakan nilai SEO dari sebuah postingan.

2. Tidak Menggunakan Keywords pada Judul dan URL Halaman

Keberadaan kata kunci akan membantu mesin telusur Google mengenali halaman Anda dengan baik. Sebaiknya, Anda juga meletakkan kata kunci pada bagian judul, deskripsi, URL, dan konten. Beberapa hal ini juga menjadi pertimbangan Google dalam merangking halaman-halaman website.

Untuk membuat URL dengan kata kunci, Anda bisa mengaturnya di halaman Settings >> Permalinks pada dashboard WordPress. Buat permalink dengan kata kunci misalnya kata kunci Anda adalah “kesalahan umum SEO WordPress”, maka permalink lebih baik berupa :
www.ilmuseoterbaik.com/kesalahan-umum-seo-wordpress

ini akan lebih baik daripada
www.ilmuseoterbaik.com/?p=191

3. Tidak Menambahkan XML Sitemap

Halaman XML Sitemap merupakan halaman khusus yang menyerupai daftar isi. Halaman XML Sitemap ini lah yang membuat crawler mesin pencari dapat mengetahui konten apa saja yang tersedia dalam website Anda, serta seberapa sering website tersebut di-update.

Meski tanpa XML Sitemap crawler tetap bisa menjelajahi website, tapi beberapa konten bisa saja terlewat. Website tanpa XML Sitemap seringkali melewatkan beberapa konten pada website terutama pada konten yang tidak memiliki internak link. Jadi, keberadaan XML Sitemap lah yang membuat link menuju semua halaman sehingga seluruh halaman bisa terindeks.

4. Tidak Menerapkan Google Authorship

Google Authorship akan berpengaruh sangat positif untuk branding nama Anda sebagai penulis. Selain itu, Google Authorship juga dapat meningkatkan jumlah klik website Anda pada mesin pencari. Apalagi, bila author adalah seseorang dengan spesialisasi khusus, maka mesin pencari Google akan memberikan rangking yang lebih tinggi.

5. Tidak Membuat Internal Links Pada Konten

Membuat internal link pada konten sebuah website atau blog akan sangat membantu optimasi SEO website Anda. Dengan adanya internal link, maka mesin pencari bisa menelusuri setiap konten website dengan lebih mudah, sekaligus dapat meningkatkan user experience selama berada di website Anda.

6. Meletakkan Keywords Penting pada Konten Buruk

Jangan sekali-sekali untuk membuat konten website yang buruk. Lebih parah lagi, kalau konten buruk ini berisi keyword yang penting. Melakukan hal ini justru akan merusak citra website Anda di mesin pencari sekaligus di mata user.

Konten website yang buruk seringkali mengecewakan pengunjung Anda. Mereka mungkin datang ke laman tersebut tapi mereka pun akan dengan mudah meninggalkan laman website Anda dan menutupnya. Hal inilah yang kemudian membuat nilai website Anda menjadi menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *