Bagaimana Cara Praktis Membangun Backlink SEO Natural Yang Berkualitas Baik Untuk Website Atau Blog

Bagaimana Cara Praktis Membangun Backlink SEO Natural Yang Berkualitas Baik Untuk Website Atau Blog

Strategi Cara Terbaik Membangun Backlink Untuk Website Atau Blog Anda

Dalam membangun dalam SEO (search engine opitimzation), backlink adalah suatu hal penting yang memang tak boleh terlewatkan. Mesin pencari seperti Google, sangat mempertimbangkan keadiran backlink sebagai strategi SEO yang efektif untuk menempatkan website atau blog Anda di halaman awal pencarian.

Backlink merupakan link aktif dari sebuah website menuju ke situs Anda. Cara membuatnya mungkin saja bisa dibilang mudah. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa membangun backlink tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Backlink yang dibangun secara tidak wajar justru akan membuat rangking Anda jatuh pada mesin telusur.

Efektivitas pembangunan sebauh backlinks dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya saja seperti sumber backlinknya, anchor text, jumlah backlinks, kualitas sumber backlink dan lain-lain. Seluruh faktor ini saling terkait dan harus diimplementasikan secara baik dan tepat.

Tidak ada jaminan kalau jumlah backlink yang banyak dapat membuat rangking website Anda naik. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami cara terbaik membangun backlink untuk website Anda seperti berikut ini.

1. Penggunaan Anchor Text Harus Tepat

Dulu, anchor text yang dibuat persis seperti kata kunci yang dibidik akan membuat posisi website lebih baik. Tapi kini, cara seperti ini justru bisa membuat website yang dibacklinks mendapat masalah.

Angka persentase yang dianjurkan memang tidak ada patokan. Anda bisa memperkirakannya sendiri. Yang perlu diingat, gunakan backlinks dengan anchor text yang bervariasi. Misalnya saja anjuran persentase Anchor text untuk backlinks :

a) Exact match : 0 – 15% (misalnya: toko kebaya jadi, sepatu bayi handmade, jasa tulis artikel, dan lain lain)
b) URL: 30% – 80% (misalnya: www.bukuwisata.com, tokokebaya.com, bukubekas.co.id dan lainnya)
c) Brand: 10% – 80% (misalnya: Nike, Google, Yahoo, Kaskus, dan lainnya)
d) Random: 30% – 80% (misalnya: kunjungi website, klik link ini, lihat situs, buka website, dan lainnya)

2. Sumber Backlink Harus Relevan

Link relevancy atau sumber backlink yang relevan adalah suatu keharusan. Sayangnya, banyak blogger dan internet marketer yang kadang tidak peduli dengan asal dari sumber backlink yang di dapatkan. Padahal, relevansi sumber backlink menjadi hal sangat berpengaruh terhadap optimasi webstite Anda.

Artinya, bila Anda memiliki blog dengan konten mengenai wisata, maka akan lebih baik bila Anda mendapatkan backlink dari blog atau website yang juga memiliki topik terkait wisata. Akan aneh rasanya bila pada sebuah website bertema wisata, tiba-tiba muncul link yang isinya tentang ‘cara membangun backlink yang baik’.

3. Variasi sumber backlinks

Link diversity atau variasi sumber backlink juga merupakan hal penting untuk membangun website dengan backlink berkualitas, dan tentu saja dengan peringkat yang baik. Akan sangat baik hasilnya bila Anda bisa mendapatkan backlink dari sumber berkualitas dan lebih dari jenis website.

Sumber backlink yang bervariasi bisa Anda dapat dengan memadukan antara Web 2.0, Blog roll, Forum, Social bookmarking, Web PDF sharing, situs berbagi gambar (Pinterest), dan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google plus dan lain-lain.

4. Rel Nofollow dan Dofollow

Link nofollow pun bisa memberikan kontribusi yang besar pada website Anda seperti link dofollow. Meski banyak internet marketer dan blogger yang sering mengabaikan link nofollow, faktanya banyak website yang rangking SERP-nya meningkat setelah membagikan backlinks nofollow.

Ya, dari sisi page rank, link nofollow memang tidak bisa menyumbang apa pun. Tapi, website degnan link nofollow yang cukup efektif tetap bisa mendapatkan link juice. Jika Anda ingin membuat backlink nofollow, presentase yang disarankan adalah 10 sampai 40 %.

2 Comments

  1. Ternyata backlink sangat berpengaruh untuk web kita ya min, apakah dengan backlink rank alexa kita pun ikut meramping? Lalu bagaimana dengan backlink yangkita buat dari web 2.0 seperti blogger atau wp.com(PBN) apakah tidak melanggar peraturan google? Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *